7 Tip dan Trik Safari Terbaik untuk iPadOS

7 Tip dan Trik Safari Terbaik untuk iPadOS
Selama bertahun-tahun, berselancar di iPad menggunakan Safari tidak menawarkan pengalaman terbaik. Seringkali, Anda harus berurusan dengan situs berlebihan yang dirancang untuk iPhone, yang hanya konyol. Dan jika itu tidak cukup buruk, itu tidak memiliki fitur penting seperti pengelola unduhan. Namun, semua itu telah berubah menjadi lebih baik dengan iPadOS.

Sekarang Anda memiliki akses ke pengalaman penelusuran kelas desktop (akhirnya), dan ada pengelola unduhan khusus untuk melakukannya. Namun, ada jauh lebih banyak dari apa yang memenuhi mata. Jadi mari kita lihat banyak fitur dan fungsi Safari yang tidak begitu jelas terkait dengan rilis iPadOS yang dapat Anda gunakan untuk menambah pengalaman browsing Anda.

1. MENYESUAIKAN SITUS DAN HALAMAN

Setiap kali Safari selesai memuat situs, lihat ke sudut kiri bilah alamat, dan Anda akan melihat apa yang tampak seperti tombol ukuran font kecil (aA). Ketuk, dan Anda akan menemukan menu dengan daftar opsi yang rapi. Ini dapat digunakan untuk menyesuaikan pengalaman Anda dengan situs on-the-fly.

Ke bagian atas menu, Anda akan melihat kontrol ukuran font yang memungkinkan Anda memperbesar atau memperkecil halaman - ini hanya ada di Tampilan Pustaka sebelumnya. Kontrol berfungsi dengan sangat baik, dan Safari secara otomatis menyesuaikan kembali elemen halaman untuk memastikan bahwa elemen tersebut cocok dengan pengaturan zoom font yang Anda inginkan.

Ada opsi untuk beralih ke Tampilan Pustaka (jika didukung oleh situs). Juga, ada toggle untuk meluncurkan situs dalam tampilan seluler (yang bukan default lagi).

Dan untuk kasus-kasus di mana pemblokir konten mendatangkan malapetaka di situs tertentu, Anda memiliki opsi untuk mematikannya juga dengan mudah. Sebelumnya, Anda harus menahan ikon Reload untuk mengakses opsi. Sekarang, lokasi baru jauh lebih nyaman.

Juga hadir adalah kemampuan untuk sementara menyembunyikan bilah alamat dan bilah tab, yang sangat berguna jika Anda ingin memiliki lebih banyak layar real-estate untuk bekerja dengannya.

2. INGAT PELANGGAN ANDA

Pernah berharap Anda dapat mengonfigurasi situs tertentu untuk mengingat preferensi Anda bahkan pada kunjungan berikutnya? Nah, Safari di iPadOS memungkinkan Anda melakukan itu. Ya, bahkan ketika Anda sepenuhnya keluar dari browser dan meluncurkannya kembali.

Cukup ketuk opsi Pengaturan Situs Web di bagian bawah menu (aA). Kemudian Anda dapat mengonfigurasi situs untuk memuat dalam mode desktop atau seluler secara default, menggunakan Tampilan Pustaka secara otomatis (jika tersedia), atau mengaktifkan / menonaktifkan pemblokir konten sesuai kebutuhan Anda.

Kemampuan untuk tetap berpegang pada Tampilan Pustaka adalah positif signifikan. Mode gelap, meskipun tersedia secara luas di seluruh iPadOS, tidak ada di halaman web. Namun, Anda dapat meniru mode gelap di Tampilan Pembaca. Jadi tidak harus secara manual beralih ke Tampilan Pustaka setiap kali Anda pindah ke halaman lain berfungsi dengan baik.

Selain itu, ada juga serangkaian pengaturan privasi yang dapat Anda konfigurasi. Anda dapat mengizinkan atau memblokir formulir situs tertentu yang mengakses kamera, mikrofon, atau lokasi Anda.

Jika Anda ingin Safari menerapkan beberapa penyesuaian itu ke semua situs, Anda juga bisa melakukannya. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk Safari, lalu gulir ke bawah ke bagian Pengaturan untuk Situs Web.

3. LINK PREVIEWS

Terkadang, tautan dapat menyesatkan. Dengan tidak ada cara yang mudah terlihat untuk melihat tautan seperti di desktop, Anda sering berakhir kembali atau menutup tab jika apa pun yang dimuat bukan sesuatu yang Anda sukai.

Tapi itu tidak terjadi lagi berkat pratinjau tautan. IPhone dengan 3D Touch memiliki fitur ini untuk sementara waktu, tetapi pergeseran baru Apple menuju Haptic Touch berarti bahwa Anda dapat dengan mudah melihat pratinjau tautan sebelum memutuskan untuk memuatnya.

Cukup tekan agak lama pada tautan, dan Anda akan melihat snapshot dari halaman aktual yang ditunjukkannya dalam waktu nyata. Cukup keren, bukan? Atau, Anda dapat memilih untuk hanya menampilkan URL tautan daripada jendela pratinjau - ketuk Sembunyikan Pratinjau Halaman pada menu konteks untuk mewujudkannya.

4. FUNGSI MULTI-WINDOW BROWSING

Sejak iOS 10, Safari mendukung tampilan terpisah, tempat Anda dapat memuat dua jendela browser berdampingan. Tetapi di iPadOS, Apple telah merapikan hal-hal dengan dukungan multi-jendela seperti pada desktop. Dengan kata lain, Anda sekarang dapat memuat sebanyak mungkin instance Safari yang Anda inginkan.

Cukup tekan lama ikon pengalih tab, lalu ketuk Buka Jendela Baru untuk meluncurkan Safari di jendela yang sama sekali berbeda. Atau, tekan lama tautan apa saja, lalu ketuk Buka di Jendela Baru. Jendela baru pada awalnya akan muncul dalam tampilan terpisah, tetapi Anda dapat mengubah ukurannya ke mode layar penuh segera.

Anda dapat memeriksa semua jendela yang terbuka menggunakan App Expose. Untuk melakukan itu, buka Dock, lalu ketuk ikon Safari.

Setiap kali Anda ingin menyatukan kembali semua jendela menjadi satu instance Safari, cukup tekan lama ikon pengalih tab pada salah satu jendela lalu ketuk Gabungkan Windows.

5. GANTI UNDUH MANAJER UNDUH

Safari memiliki pengelola unduhan khusus sekarang. Itu mudah muncul di sebelah bilah alamat setiap kali Anda memulai unduhan dan akan terus mengunduh file Anda bahkan di latar belakang. Tetapi lokasi default tidak nyaman terletak di dalam iCloud Drive. Yang berarti bahwa semua file yang Anda unduh tidak hanya menghabiskan ruang di iCloud Drive, tetapi juga dapat diunggah kembali ke cloud.

Meskipun ini memungkinkan Anda untuk mengakses unduhan dari salah satu perangkat Apple Anda yang lain, jauh lebih baik untuk menggesernya ke penyimpanan lokal. Untuk melakukan itu, buka aplikasi Pengaturan, ketuk Safari, lalu ketuk Unduhan. Terakhir, ketuk Di iPad Saya, dan Safari akan membuat folder Unduhan di lokasi itu secara otomatis.

Jangan lupa untuk melihat panduan lengkap kami tentang Download manager Safari untuk tips dan trik lainnya.

6. TUTUP TABS SECARA OTOMATIS

Gunakan Safari selama beberapa hari, dan Anda pasti akan membuka banyak tab selama proses berlangsung. Tidak hanya merepotkan untuk menutup semuanya secara manual, tetapi mereka juga mengkonsumsi memori, dan menjadi perhatian pada model iPad yang lebih tua pada khususnya.

Tapi mengapa tidak membiarkan Safari melakukan kerja keras untuk Anda? Buka aplikasi Pengaturan, dan ketuk Safari. Lalu ketuk Tutup Tab untuk menentukan frekuensi (harian, mingguan, atau bulanan) yang Anda inginkan agar tab ditutup untuk Anda.

7. LIHAT PINTU SINGKAT KEYBOARD

Akhirnya, Safari di iPadOS sekarang memiliki dukungan untuk lebih dari 30 pintasan keyboard. Itu adalah sesuatu jika Anda berniat untuk menggunakan iPad Anda di samping keyboard pintar. Namun, Anda tidak perlu berkeliling menghafal mereka semua.

Tekan dan tahan tombol Command pada keyboard Anda untuk memunculkan daftar bagus semua pintasan setiap kali Anda menggunakan Safari. Daftar cara pintas membuka halaman, dan Anda harus membolak-balik daftar beberapa kali untuk memeriksa semuanya. Pintasan ini akan meningkatkan produktivitas Anda, jadi manfaatkan secara maksimal.

SAFARI TENTANG ATURAN IPADOS

IPadOS telah benar-benar mengubah cara iPad dapat digunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Sangat menyenangkan melihat Safari mendapatkan perawatan lengkap yang layak. Mode desktop, misalnya, berfungsi dengan baik, dan menjalankan seluruh aplikasi web seperti Google Documents sama baiknya dengan bekerja pada Mac. Padukan dengan keyboard pintar, dan Anda hampir memiliki pengganti MacBook yang sempurna di tangan Anda.

Related Posts

Post a Comment